Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) serahkan karya buku berjudul “Candi Borobudur dalam Dimensi Hukum” kepada Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Magelang pada Senin, 26 Juni 2023 di Ruang Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Magelang jalan Soekarno Hatta, Sawitan II, Mungkid, Magelang.

Buku yang berjudul “Candi Borobudur dalam Dimensi Hukum” tersebut merupakan salah satu buah karya dari tiga dosen Fakultas Hukum Unimma yakni Dr. Dyah Adirantini Sintha Dewi, S.H., M.Hum, Dakum, S.H.I., M.H., dan Dr. Wafda Vivid Izziyana, S.H., M.H. Buku yang diterbitkan oleh Unimma Press beberapa waktu lalu tersebut secara umum mengupas tentang Candi Borobudur dilihat dari sisi hukum dan potensi lain yang perlu terus dikembangkan secara optimal sebagai salah satu warisan dunia.

Menurut salah satu penulis buku tersebut, Dyah mengatakan Candi Borobudur sangat menarik dikaji dari banyak sisi, Candi Borobudur tidak hanya dipandang secara wujud benda yang terbuat dari batu yang dipahat dan tersusun rapi. Namun perlu dilihat lebih dari itu, yakni potensi-potensi yang terkandung di dalamnya dan sekitarnya, katanya. Lahirnya karya buku tersebut menurut Dakum merupakan wujud perhatian Unimma dalam dalam menggali potensi budaya lokal yang ada di Kabupaten Magelang. Selain itu juga sebagai salah satu bahan ajar di kelas guna mencapai capaian pembelajaran mata kuliah, kata Dakum.

Kepala Dinas pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein, S.E., M.M. memberikan apresiasi yang baik atas terbitnya karya buku “Candi Borobudur dalam Dimensi Hukum” yang ditulis oleh dosen-dosen Fakultas Hukum Unimma tersebut. Husein yang juga ikut andil sebagai editor buku tersebut berharap dapat menjadi salah satu cara untuk mengembangkan potensi Candi Borobudur dan juga dapat dilakukan secara terus-menerus.